Kreativitas menjadi Bisnis

Posted: December 28, 2013 in Uncategorized

Seorang yang kreatif, namun tidak banyak orang dapat memanfaatkan kemampuan kreatif, karena pengalaman, pendidikan dan lingkungan sebagian besar telah terbiasa menekan imajinasi dari pada mengembangkannya.

Dunia akan membuka jalan bagi mereka yang tahu apa yang dinginkannya dan memiliki semangat untuk mengejarnya Buatlah tujuan-tujuan yang terfokuskan dalam keputusan strategik, sehingga Anda merasa ditantang untuk mencapainya. Oleh karena itu, menggerakkan ide-ide baru dibuat dengan meminjam, menambah, menggabungkan, atau mengubah ide-ide yang lama. Sejalan dengan itu ingatlah bahwa menggerakkan ide-ide baru merupakan langkah yang dapat dipredeksi dan terjadi pada suatu waktu. Langkah tersebut mencakup seperti wawasan pertama, persiapan, pencetusan, peneranan dan pembuktian sangat penting untuk menggerakkan ide-ide baru.

Sudahkah Anda memikirkan untuk menciptakan suasana bagi diri sendiri untuk menciptakan kreativitas? Berikan daya dorong pada diri Anda untuk menggerakkan ide-ide dan tantangan serta menyelesaikannya. Apakah Anda mencatat ide-ide setelah menggerakkannya, dan menyisihkan waktu dan tempat tertentu untuk menggerakkannya, bangunlah suatu kebiasaan secara teratur untuk mengelolanya dari krativitas individu menjadi kreativitas kelompok.

Anda bisa menjadi kreatif dengan cara mengamati orang-orang kreatif dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tersebut atau bergabung dengan mereka untuk sementara waktu. Bukankah di dalam diri manusia rasa keingintahuan dalam menemukan sesuatu yang baru atau mungkin yang dapat membantu manusia lebih besar. Rasa keingintahuan inilah yang penting sebagai orang yang kreatif.

Ide usaha kreatif Anda bisa dimulai melalui apa yang kita sukai atau hobi yang kita tekuni. Semua orang dapat memikirkan apa yang belum pernah dilakukan orang lain, tapi untuk memikirkan itu berguna atau tidak. Inilah tantangan sekaligus kenyataan yang harus dihadapi.

Bisnis kreatif menjadi hal yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Bisnis kreatif diperkirakan dan diharapkan dapat menjadi penopang ekonomi negara, bersama UKM, untuk menyikapi krisis global yang melAnda dunia. Bisnis kreatif tentunya membutuhkan ide-ide kreatif, serta orang-orang yang kompeten dalam menjalankan bisnis ini.

Anda bisa memulai bisnis dengan hanya sebuah ide, tanpa keluar uang sendiri. Bagaimana caranya? Kemas ide Anda kemudian tawarkan kerja sama kepada orang lain. Ide dari Anda dan uang dari orang lain bisa merupakan strategi bisnis dengan “modal dengkul”.

Saat kita berbisnis walaupun itu hanyalah usaha kecil, ide kreatif adalah hal yang sangat diperlukan untuk dapat bertahan atau bahkan mengalahkan saingan kita. Seperti teori simple tetapi tidak sekompleks teori Darwin. Tidak diperlukan rumus relativitas Einstein. Cukup dengan hal sederhana yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Di Indonesia, saat ini terdapat 14 subsektor bisnis kreatif yang meliputi :

  1. Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Pasar Barang Seni
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Fasyen
  7. Video, Filim dan Fotografi
  8. ­Permainan Interaktif
  9. Musik
  10. Seni Pertunjukan
  11. Penerbitan dan Percetakan
  12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak
  13. Televisi dan Radio
  14. Riset dan Pengembangan

Sekarang saatnya Anda manfaat kreativitas Anda untuk memulai Bisnis. Jadilah entrepreneur saat ini juga….!!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s